Cintai Lingkungan, Yuk!


Akan sangat sulit untuk mengubah kebiasaan orang bila sudah terlambat. Contohkan aktifitas sehari-hari cinta lingkungan di rumah. Karena semua bermula dari keluarga.

Membuang Sampah
Membuang Sampah di Tempatnya. Ilustrasi/Foto: wordpress.com
Ajari anak mencintai kebersihan 
Jika mata anak terbiasa melihat lingkungan yang bersih, ia tidak akan merasa nyaman melihat lingkungan yang kotor. Beri contoh pada anak untuk membuang sampah pada tempatnya. Tempat sampah bisa dipisah antara sampah anorganik dan organik.

Berbagilah tugas dengan anak-anak dalam membersihkan rumah. Selain kita mendidik mereka untuk mencintai kebersihan, kita juga mendidiknya untuk memiliki tanggung jawab dengan merawat benda-benda yang ia miliki. 

Ubah barang lama menjadi barang baru 
Jika setiap rumah menyumbang satu kotak sampah setiap harinya, bayangkan banyaknya sampah yang menumpuk di tempat pembuangan akhir. Agar tidak banyak sampah menumpuk, gunakan kembali benda-benda yang sekiranya bisa dipakai. Ubah benda-benda lama menjadi benda-benda baru. Kotak susu atau kotak pasta gigi misalnya, bisa dikreasi menjadi tempat pensil. Kerjakan bersama anak kita, hingga bisa terjalin keakraban satu sama lain. 

Menanam Pohon
Menanam Pohon. Ilustrasi: dok.mombi

Ajak anak menanam tumbuhan 
Tanam satu pohon, maka kita sudah ikut membantu menyelamatkan lingkungan hidup. Kegiatan menanam tumbuhan bersama anak akan menjadi kegiatan menyenangkan. Ajak anak melihat proses pertumbuhan tanaman. Dari bibit hingga menjadi bunga atau buah. Sembari menanam, uraikan juga betapa pentingnya pohon untuk masa depan Bumi. 

Biasakan hemat energi 
Menghemat energi adalah salah satu cara mencintai lingkungan hidup. Biasakan anak-anak untuk mematikan keran air, lampu, dan alat-alat elektronik bila tidak diperlukan. Bila pergi ke tempat yang berjarak dekat, usahakan tak pakai mobil. Jalan kaki atau naik sepeda pasti lebih sehat dan hemat.


Mendaur Ulang
Mendaur Ulang. Foto: wordpress.com
Jika setiap orang peduli pada lingkungan hidup, maka Bumi kita tentu akan menjadi lebih baik. Ayo, tanamkan kebiasaan mencintai lingkungan hidup pada anak-anak kita. Yuk, kita selamatkan bumi!(Wien/Mombi)

0 komentar:

Posting Komentar